DPRD dan TAPD Pemkab Purwakarta Mulai Membahas KUA-PPAS TA 2025

Rabu, 17 Juli 2024 06:23
DPRD dan TAPD Pemkab Purwakarta Mulai Membahas KUA-PPAS TA 2025

PURWAKARTA - Badan Anggaran DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mulai melakukan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2025.

Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Purwakarta yang berlangsung pada Selasa siang 16 Juli 2024 di ruang rapat Gabungan Komisi lantai II gedung DPRD Purwakarta di Jl. Ir. H. Juanda, Ciganea, Jatiluhur itu dihadiri oleh Ketua Banggar yang juga menjabat Ketua DPRD Purwakarta, H. Ahmad Sanusi, SM dan Wakil Ketua Banggar yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD, Hj. Neng Supartini, S.Ag dan sejumlah anggota Banggar lainnya antara lain, Said Ali Azmi dari F. Gerindra, H. Dedi Juhari dari F.PKS dan Asep Abdulloh dan F. BERANI.

Dari TAPD Pemkab Purwakarta hadir Sekda Norman Nugraha, Kepala BKAD R. Muchamad Nurcahja, Kepala Bapelitbangda, Hj. Nina Herlina, Kabag Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Pemkab Purwakarta, Deden Ramdhan., Kepala Bagian Program dan Keuangan Sekretariat DPRD, H. Alfatah, Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD Ari Syamsurizal dan para pejabat eselon III dari Perangkat Daerah Pemkab Purwakarta.

Dalam pemaparannya, Ketua TAPD yang juga menjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta, Norman Nugraha menyampaikan situasi dan kondisi soal angka kemiskinan dan angka pengangguran di Kabupaten Purwakarta dan pendapatan daerah akan mengalami penurunan kurang lebih diangka 10 %.

Menurut Norman, sesungguhnya capaian investasi yang masuk ke Kabupaten Purwakarta sangat bagus dari yang ditargetkan mencapai diatas 100 persen,

Akan tetapi, banyaknya investasi yang masuk itu belum berpengaruh terhadap penurunan tingkat pengangguran terbuka. "Untuk tingkat pengangguran saat ini ada diangka 7,72. Artinya, terhadap investasi yang masuk belum berpengaruh terhadap penurunan tingkat pengangguran terbuka. Sehingga harus menyiapkan calon-calon tenaga kerja apa saja agar bisa diterima di perusahaan-perusahaan yang berinvestasi di Purwakarta,"ungkap Norman.

Atas pemaparan yang disampaikan oleh Ketua TAPD Pemkab Purwakarta Norman Nugraha, anggota Banggar Said Ali Azmi menyampaikan hasil kunjungan kerja ke daerah lain dimana pemerintah daerah yang dikunjunginya memberikan dana hibah kepada perusahaan untuk melatih tenaga kerja sesuai yang dibutuhkan oleh perusahaan. "Dari hal tersebut disana (daerah yang dikunjungi) mampu menekan angka pengangguran,"kata Said Ali Azmi yang akrab disapa bang Jimi.

Sedangkan anggota Banggar lainnya H. Dedi Juhari menyoroti realisasi pendapatan yang kurang optimal sehingga terget tidak tercapai pada tahun 2023. (Humas Setwan)