Saat Menerima Aksi Damai Guru Honorer, Bapaknya Ketua DPRD Purwakarta Penjaga Sekolah SD dengan Gaji 1000 Rupiah

Jumat, 01 Maret 2024 10:03
Saat Menerima Aksi Damai Guru Honorer, Bapaknya Ketua DPRD Purwakarta Penjaga Sekolah SD dengan Gaji 1000 Rupiah

PURWAKARTA - Kamis 29 Februari 2023 ratusan guru honorer yang tergabung dalam Forum Guru Honorer Kabupaten Purwakarta mengadakan aksi damai ke gedung DPRD Kabupaten Purwakarta.

Para guru honorer itu datang dari 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Purwakarta. Kedatangan para guru honorer jumlah nya lebih dari 500 orang guru honorer sambil membawa spanduk bertuliskan tuntutan dan menggunakan kepiluan nasib yang dialami para guru honorer karena sudah puluhan tahun mengabdi tidak juga diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil Negara/Aparatur Sipil Negara (PNS/ASN) bahkan menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

"Yang terhormat bapak Ketua DPRD Purwakarta dan para pejabat Pemda di Purwakarta ada 2080 guru honorer di Kabupaten Purwakarta. Dan 660 guru honorer sudah masuk passing grade sedangkan kuota cuma 260. Saya ingin menyampaikan bukti ada salah seorang guru honor yang sudah mengajar sejak tahun 2004 dan sekarang beliau ini (guru honor tersebut) usianya sekarang sudah 53 tahun belum juga diangkat menjadi pegawai P3K apalagi PNS. Untuk itu mohon kepada Bapak-bapak yang terhormat yang punya kebijakan agar dapat membantu mewujudkan harapan kami untuk diangkat menjadi PNS atau P3K,"kata ketua Forum Guru Honorer Kabupaten Purwakarta, Darman Sudarman sambil meminta guru honorer yang sudah sepuh tampil dihadapan Ketua DPRD dan para pejabat tinggi Pemkab Purwakarta.

Atas pernyataan itu, Ketua DPRD Kabupaten Purwakarta, H. Ahmad Sanusi, SM yang menerima kedatangan para guru honorer berjanji akan mengawal yang menjadi tuntutan para guru honorer mengingat dirinya (Ketua DPRD Ahmad Sanusi-red) adalah juga anak seorang guru yang bertugas awalnya menjadi penjaga sekolah.

"Bapak saya itu seorang penjaga sekolah. Saat itu gaji bapak saya Rp.1000 perbulan. Tapi alhamdulillah anaknya jadi Ketua DPRD. Jadi bapak dan ibu guru honor terus semangat berjuang. Saya siap mengawal dan memperjuangkan nasib bapak ibu guru sampai ke pemerintah pusat,"janji Ketua DPRD Purwakarta, H. Ahmad Sanusi yang akrab disapa H. Amor.

Saat menerima para guru honorer, Ketua DPRD Kabupaten Purwakarta didampingi anggota dari Komisi I Ceceng Abdul Qodir dan dari Komisi IV Said Ali Azmi. Dari Pemkab Purwakarta hadir Sekda Purwakarta, Norman Nugraha, Kepala BKPSDM Wahyu Wibisana, Kepala Dinas Pendidikan, Purwanto dan sejumlah pejabat pemkab Purwakarta. (Humas Setwan)