Paripurna Hari Jadi Purwakarta, Akan Digelar Sesuai Protokol Kesehatan

Senin, 24 Agustus 2020 11:13
Paripurna Hari Jadi Purwakarta,  Akan Digelar Sesuai Protokol Kesehatan

Purwakarta -  Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hari Jadi Purwakarta 20 Juli 2020 mendatang dirayakan dalam suasana penuh keprihatinan, lantaran adanya pandemi covid-19. Rapat paripurna Hari Jadi Purwakarta yang biasa digelar penuh kemeriahan, kali ini akan diselenggarakan secara sederhana, tapi tanpa harus menghilangkan nilai-nilai kesakralannya.

 

“Jumlah undanganpun akan dibatasi, sesuai protokol kesehatan. Sebagaimana instruksi Bupati, kita  hanya akan menyebar sekitar 250 undangan. Jadi harus diseleksi kembali, karena semula kita akan mengundang 350 undangan."

 

Demikian disampaikan Sekretaris DPRD (Sekwan) Drs. H Suhandi, M.Si, dalam rapat persiapan menyambut hari jadi Purwakarta ke-189 dan Kabupaten Purwakarta ke-52, yang digelar di ruang rapat utama, Senin (6/7/2020). Hadir dalam rapat itu antara lain  para Kabag, Kasubag, ASN dan non ASN Setwan. 

 

Suhandi mememerintahkan kepada Kabag Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan H. Yayan Suryanto, S.Sos, M.Si, untuk menyusun kepanitiaan berkaitan peringatan Hari Jadi Purwakarta.

 

“Kepanitiaan ini harus jelas siapa dan berbuat apa? “ujar Suhandi.”Dengan demikian, akan jelas tugas dan fungsinya masing-masing terkait kepanitiaan tersebut. Siapa yang bertugas mendekor, siapa yang mengirim surat, dan lain sebagainya,”tegasnya.

 

Lebih jauh ia menerangkan, untuk seragam para pegawai Setwan telah dibuatkan baju batik khas Purwakarta. Hanya saja, lanjutnya, perlu dibuatkan juga masker khas Setwan untuk keseragaman.

 

 

Sementara itu, Kabag Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan H. Yayan Suryanto, S.Sos, M.Si, mengingatkan, agar substansi dalam pelaksanaan rapat paripurna istimewa harus dipersiapkan sebaik-baiknya.

 

“Termasuk, siapa pembaca naskah sejarah Purwakarta, harus dihubungi jauh-jauh hari,”ujar Yayan. “Yang paling krusial tentu dalam penyortiran undangan, khawatir menimbulkan ketersinggungan bagi yang biasa diundang. Kita harus mampu menjelaskan dengan baik, bahwa pembatasan undangan, semata karena adanya pandemi covid-19,”ujarnya. 

 

Menurut Yayan, selain tamu VIP dan Kepala OPD, sebaiknya yang lain bisa mengikuti rapat paripurna melalui Video Teleconference (Vicom). “Seperti Sekretaris dan Kabid, serta Camat dan Lurah sebaiknya mengikuti melalui Vicom,”ujarnya.

 

Dalam kesempatan yang sama, Kabag Umum Dany Kurniadi, SH, meminta, semua pihak harus

fokus pada tugasnya masing-masing sesuai SP. Kalau toh ada masukan dari pihak lain, lanjutnya, hanya bersifat koordinasi saja, tapi tidak melakukan intervensi.

 

Sedangkan Kabag Persidangan dan Perundang-undangan Ari Syamsurisal, SH, M.Kn mengingatkan, harus dipersiapkan dengan baik tempat menyambut dan tempat sambutan Bupati dan Gubernur Jawa Barat.

 

Suhandi juga mengingatkan, agar pemeliharaan taman dilakukan seintensif mungkin, sehingga tetap terawat dan tampak indah.  Ia yakin, peringatan Hari Jadi Purwakarta akan berjalan sukses, bilamana semua pihak menjalin kekompakan.

 

“Walau digelar dalam suasana sederhana, tapi peringatan Hari Jadi Purwakarta harus terlaksana dengan sukses. Untuk itu, diperlukan kekompakan dan saling mendukung satu sama lain,”ujarnya. (Humas DPRD).