Lagi-lagi Komisi III Mengevaluasi Pengelolaan Sampah TPA Cikolotok

Sabtu, 04 Februari 2023 00:00
Lagi-lagi Komisi III Mengevaluasi Pengelolaan Sampah TPA Cikolotok

Purwakarta - Ketua Komisi III DPRD, Hidayat, S.Th.I beserta anggotanya melakukan Kunjungan Kerja Dalam Daerah ke tempat pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cikolotok yang berada di Desa Margasari, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Jumat, 03 Februari 2023.

Seperti diketahui sebelumnya, Komisi III dan Ketua DPRD pernah melakukan Sidak (Inspeksi mendadak) ke TPA Cikolotok terkait aduan masyarakat tentang cairan atau air lindi yang berasal dari TPA Cikolotok mencemari sungai, pada tanggal 26 Juli 2022.

Kunjungan kali ini Komisi III menanyakan progres penanganan air lindi yang mencemari sungai seperti apa dan bagaimana. "Kurang lebih 7 bulan setelah Komisi III melakukan Sidak, apa progres yang dilakukan oleh TPA Cikolotok terkait belum terkelola secara baik air lindi ? Karena saya masih melihat ada aliran air lindi dan busa di sungai. Ini dapat mencemari air sumur dan area sawah di Margasari. Apalagi sekarang sudah masuk musim hujan. Jangan sampai TPA milik Pemerintah Daerah lalai dalam hal ini." Ungkap Ketua Komisi III, Hidayat.

Bayu selaku perwakilan dari TPA Cikolotok sekaligus dari Dinas Lingkungan Hidup menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan perbaikan kolam lindi dengan pembuatan tanggul, menutup kolam yang bocor dan menambah kedalaman kolam. Kedalaman kolam berguna untuk menampung air lindi pada saat musim hujan. Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup pun sudah bertemu dengan Ketua Kelompok Tani untuk menginvetarisir pemilik lahan yang terkena dampak agar dilakukan ganti rugi melalui asuransi gagal panen.


Saat ini, menurut bayu, Pihaknya tahun ini akan melakukan pembebasan lahan sekitar 9000 meter untuk pembuatan Pengolahan lindi dan pembuatan kolam lindi baru. Pembuatan pengolahan lindi dan kolam lindi ini harus di musim kemarau, agar tidak terjadi pergerakan tanah.

Pada penutup kunjungan, Hidayat kembali mengingatkan untuk kembali mendata ganti rugi pemilik lahan yang terkena dampak dan menata kembali lingkungan sekitar TPA terutama pendatang agar hasil limbahnya disimpan dengan baik, rapi dan tertutup,

Komisi III yang hadir dalam undangan ini adalah Hidayat (Fraksi PKB) sebagai Ketua, Asep Abduloh (Fraksi Berani) Wakil Ketua, H. Ahmad Sumita (Fraksi PKB), Lina Yuliani (Fraksi PDIP), Neneng Sri Kustinah (Fraksi DPN), H. Andri Yani (Fraksi Gerindra) dan H. Asep Nuryani (Fraksi PKS) . (Humas Setwan)