Siswa-siswi SMAN 1 Purwakarta Mengadakan Outing Class Ke DPRD Purwakarta

Rabu, 09 November 2022 12:27
Siswa-siswi SMAN 1 Purwakarta Mengadakan Outing Class Ke DPRD Purwakarta

PURWAKARTA - Sekretaris Komisi IV DPRD Purwakarta, H. Arif Kurniawan dari Fraksi PKS didampingi Kabag Umum Setwan Rahmat Heriansyah menerima kunjungan outing class siswa/siswi SMAN 1 Purwakarta yang dipandu oleh guru Mapel Inggris Tatin Robiatin Hasanah, M.Pd, diruang rapat Gabungan Komisi (Gabkom) lantai II gedung DPRD Purwakarta, Jl. Ir. H. Juanda No.11 Ciganea, Jatiluhur, Senin (7/11/2022).

Para siswa/siswi kelas XI MIPA 5 yang berjumlah 36 siswa tersebut mendapat penjelasan dan gambaran dari Kabag Umum Setwan Rahmat Heriansyah seputar jumlah partai pemenang pemilu pada 2019 lalu yang mewakili kader partai duduk menjadi anggota DPRD setempat.

Menurut Rahmat Heriansyah, di DPRD Purwakarta diisi oleh kader dari 11 partai. Antara lain, Golkar, Gerindra, PKB, PDI-P, PKS, PAN, PPP, Demokrat, Hanura, Nasdem dan Berkarya.

Sementara Sekretaris Komisi IV Arif Kurniawan menjelaskan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) anggota dewan adalah Legislasi, Budgeting dan Pengawasan.

"Sebenarnya tidak banyak yang menjadi tupoksi anggota dewan itu hanya tiga yaitu Legislasi, Budgeting dan Pengawasan,"kata Arif.

Selanjutnya Arif menjabarkan satu persatu apa yang dimaksud dari ketiga tupoksi itu.

Selain itu, Arif juga memaparkan tugasnya di Komisi IV yang membidang Kesejahteraan Rakyat diantaranya bidang pendidikan.

"Saya ditempatkan oleh fraksi partai saya PKS di Komisi IV yang membidangi Kesra diantaranya pendidikan. Dan di Komisi IV itu saya menjabat Sekretaris Komisi,"jelasnya.

Sesi akhir dari kunjungan para siswa/siswi SMAN 1 Purwakarta diberi kesempatan tanya jawab seputar keseharian kerja anggota DPRD yang belum banyak diketahui masyarakat khususnya para pelajar.

"Tugas nyata dari anggota DPRD sehari-hari itu apa saja sih pak. Kami ingin tau mungkin Bapak bisa jelaskan,"tanya seorang siswi.

Atas pertanyaan tersebut, Arif menjelaskan gambaran tugas keseharian anggota DPRD.

Arif juga memberikan wejangan kepada para siswa/siswi guna menyongsong masa depan generasi penerus bangsa apa yang harus dipersiapkan selain pendidikan formal. (Humas Setwan)