Lima Anggota DPRD menerima Outing Class SMPN 3 Purwakarta

Kamis, 05 Oktober 2023 08:19
Lima Anggota DPRD menerima Outing Class SMPN 3 Purwakarta

Kepala Sekolah SMPN 3 Purwakarta, Muhamad Husni (memegang mic) menjelaskan tujuan Outing Class kepada Anggota DPRD

 

PURWAKARTA - Lima Anggota DPRD Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menerima kunjungan siswa-siswi SMPN 3 Purwakarta yang mengadakan outing class, Rabu (04/10/2023).

Para siswa-siswi kelas VII SMPN 3 Purwakarta yang berkunjung mengadakan kegiatan Outing Class sebanyak 170 siswa dengan guru pembimbing Sumarni, Maemunah Sa'diah, dan didampingi langsung oleh Kepala Sekolah Muhamad Husni, M.Pd. 

Anggota DPRD yang menerima Outing Class ini adalah Dias Rukmana (Fraksi Golkar), Said Ali Azmi yang akrab disapa bang Jimmy (Fraksi Gerindra) , Enah Rohanah (Fraksi Golkar), Hidayat S.Th.I (Fraksi PKB), dan Lina Yuliani (Fraksi PDI-P). sebelum dilakukan sesi tanya jawab siswa - siswi SMPN 3 Purwakarta dengan Anggota DPRD, Muhamad Husni selaku Kepala Sekolah menjelaskan tujuan membawa anak didiknya datang ke Gedung DPRD di Jl. Ir. H. Juanda, Ciganea, Jatiluhur dan menemui Anggota DPRD.

Istimewanya para siswa siswi dihadiri banyak anggota dewan karena para anggota dewan usai mengadakan rapat Badan Anggaran. Kemudian berkenan menerima kedatangan para siswa siswi SMPN 3 Purwakarta beserta guru pembimbing yang dipimpin langsung oleh kepseknya. Muhamad Husni, M.Pd.

“Outing Class itu adalah sebuah kegiatan dalam Rangka Pelaksanaan Proyek Profil Pelajar Pancasila (P5). Hal ini merupakan hal yang baru dan pertama kali dilakukan oleh SMPN 3, tidak lain dan tidak bukan untuk menyampaikan pembelajaran di lapangan secara langsung sekaligus memperkenalkan para siswa ke Anggota Dewan di gedung Dewan" Ungkap Husni. 

Kepala Sekolah menginginkan beberapa hal yang ingin diketahui dan dipahami siswa-siswinya ketika datang ke gedung dewan, diantaranya :

1) Untuk memahami tugas dan fungsi Anggota Dewan;

2) Apa itu AKD (Alat Kelengkapan Dewan) beserta tugas dan fungsi;

3) Memahami arti Partai, Komisi, Fraksi dengan tugas dan fungsi;

4) Mengetahui proses menjadi Anggota Dewan;

5) Memahami politik sehat sejak dini agar menjadi pelajar dan pemilih yang baik kedepannya;

6) Memahami arti Demokrasi yang sebenarnya. 

Selanjutnya dilakukan sesi tanya jawab oleh Anggota Dewan dengan para Siswa-siswi. Banyak hal yang ditanyakan, terutama hal-hal pemahaman yang ingin diketahui sesuai tujuan Outing Class. 

Tampak sumringah dan bahagia semua para siswa-siswi mendengar penjelasan dari Anggota Dewan, dan akhirnya tak sedikit yang tertarik ingin menjadi Anggota DPRD. (Humas Setwan)