Sub Bagian Humas, Protokol dan Publikasi Setwan Kabupaten Purwakarta Melakukan Kunjungan Kerja Ke Setwan Provinsi Jawa Barat

Sabtu, 08 Oktober 2022 00:54
Sub Bagian Humas, Protokol dan Publikasi Setwan Kabupaten Purwakarta Melakukan Kunjungan Kerja Ke Setwan Provinsi Jawa Barat

Bandung - Jumat, 7 Oktober 2022 Sub Bagian Humas, Protokol dan Publikasi Setwan Kabupaten Purwakarta "Sowan" Ke Setwan Provinsi Jawa Barat Jalan Diponegoro No. 27, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. 

Kunjungan Kerja tersebut merupakan yang Perdana dibawah Kepemimpinan Kasubbag Humas, Protokol dan Publikasi Dhadi Maulanawan Wijaya Saputra, S.Ag yang diterima oleh Dra. Iis Rostiasih, M.Si diruang Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-undangan. 

Dra. Iis Rostiasih, M.Si menjabat sebagai Kepala Bagian Persidangan & Perundang-undangan, menyatakan berterima kasih kepada Sub Bagian Humas, Protokol dan Publikasi Setwan Kabupaten Purwakarta sudah berkunjung. 

"Punten Ibu, Kami kesini ingin silaturahmi sekaligus koordinasi dan konsultasi tentang Kehumasan di Setwan Provinsi Jabar. Seperti apa Kehumasan disini" Pungkas Dhadi. Beliau berharap dapat menimba dan diaplikasikan ilmu ini di Setwan Purwakarta. 

Iis mengatakan bahwasanya pekerjaan Humas itu unik, dalam arti kata banyak bertemu dengan orang, seperti saat menerima tamu kunjungan dan Media. Yang menjadi perhatian Khusus dalam pekerjaan Humas bagi Iis adalah Media. Karena dengan banyaknya Media yang ada di Provinsi Jawa Barat dan keterbatasan anggaran, Setwan Provinsi Jabar tidak bisa mengakomodir semua Media. 

Iis pun menyarankan Setwan Kabupaten Purwakarta melakukan konsultasi juga dengan Dewan Pers terkait hal ini, agar mengetahui kaidah-kaidah ataupun aturan-aturan yang harus ditempuh oleh Media untuk melakukan Kerjasama. 

Sejalan dengan apa yang dikatakan Iis, Dhadi menjelaskan bahwa Setwan Kabupaten Purwakarta sedang merancang Aplikasi untuk menjawab tantangan tersebut. Aplikasi ini dengan sendirinya akan memilih Media mana yang sesuai dengan standar Dewan Pers dan mana yang belum sesuai. Media yang terpilih ini yang akan di akomodir untuk dilakukan Kerjasama Peliputan dan Publikasi. 

Disisi Publikasi dan Protokol Iis menerangkan, tim ini paling tersibuk di Kehumasan. Seringnya kunjungan kerja Anggota DPRD, maka sering juga kerja diluar kantor.

Staff Kehumasan Setwan Provinsi Jabar berjumlah 50 orang. "Saat jadwal kunjungan padat, kantor terkadang sepi. Karena semua staff berada dalam kedinasan luar kantor" Ujar Iis sambil tertawa. 

Meskipun padat kegiatan di Kehumasan, Staff ASN maupun Non ASN yang mendapat tugas diluar kantor dibekali Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) tanpa terkecuali dan disamakan. Sehingga terdapat penghasilan tambahan selain gaji tetap. 

Tak lupa Iis mengingatkan terkait sangat penting dilakukan pelatihan untuk Staff Kehumasan untuk menunjang kerja Staff agar lebih optimal dan menambah wawasan. 

Diakhir diskusi Iis berpesan kepada Sub Bagian Humas, Protokol dan Publikasi untuk tidak sungkan berkunjung kembali ke Setwan Provinsi Jawa Barat. 

Yang mengikuti Kunjungan ini selain Dhadi, adalah Staff Humas Protokol Publikasi antara lain Aziz sebagai MC dan Protokol, Vena sebagai Fotografer dan Protokol, Rani sebagai Fotografer dan Videografer, Hikmah sebagai Editor Foto dan Video, Sri sebagai Administrasi Kehumasan dan Randi sebagai Videografer dan Publikasi Kehumasan. (Humas Setwan)