Sekretariat DPRD Mengikuti Acara Jambore IT Diskominfo

Sabtu, 10 Juni 2023 14:32
Sekretariat DPRD Mengikuti Acara Jambore IT Diskominfo

Bandung Barat - Sekretariat DPRD mengikuti acara Jambore IT Diskominfo di Pal 16 Cikole, Jl. Raya Tangkuban Parahu, Kelurahan Lembang, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat yang berlangsung tanggal 7 - 8 Juni 2023.

"Alhamdulillah hari ini kita dapat berkumpul kembali di acara Jambore IT dengan sehat wal'afiat. Kita akan kembali belajar dengan konsep outdoor, yaitu konsep belajar dengan menyenangkan, bukan situasi yang menegangkan, bukan situasi yang kaku, yang esensinya edukasi dapat diterima oleh para Peserta pelatihan Operator IT. "ucap Rudi selaku Kadiskominfo dalam pembukaan.

Rudi juga menegaskan untuk menjaga kesehatan bagi seluruh Operator IT dan Panitia dalam menggelar acara Jambore IT ini. Dikarenakan akhir-akhir ini cuaca tidak menentu. Acara Jambore IT ini sebagai ajang upgrade ilmu bagi Operator IT seluruh OPD, Kecamatan dan Kelurahan di Kabupaten Purwakarta. Rudi berharap setelah kegiatan ini, semua Operator IT dapat menerapkan upgrade ilmu tersebut di OPD, Kecamatan dan Kelurahan masing-masing. 

Pemateri pertama dipaparkan oleh Triana Wulandari, M.Kom dari Rekhatama Training Center, membahas tentang Implementasi Helpdesk dan Service Desk untuk Optimalisasi layanan Digital. "Helpdesk lebih kepada memberi pertolongan apabila diminta, sedangkan Service Desk memberikan pertolongan tanpa diminta. Biasanya Service Desk memberikan pertolongan secara berulang seperti contoh permintaan Data Tahunan. Untuk itu dapat dibedakan dari cara bekerjanya, apabila Helpdesk itu reaktif, diminta dulu baru dikerjakan. Service Desk kebalikannya yaitu Proaktif memberikan pertolongan sebelum diminta. Mau jadi Helpdesk atau Service Desk? " Tanya Tri panggilan dari Triana Wulandari. "Helpdesk" Jawab semua Operator IT dengan suasana riuh.

Sementara dari Diskominfo sebagai pemateri adalah Kepala Bidang Statistik, Iwan Kuswandi, ST, M.Si. Haji Iwan, sapaan Iwan Kuswandi menegaskan pentingnya peran Operator IT untuk segera penginputan data yang diminta Diskominfo melalui Sadapur (Satu Data Purwakarta) demi percepatan terbentuk nya E-Office. E-Office ini sangat penting karena sebagai Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah, sarana publikasi mengenai informasi kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Kabupaten Purwakarta.

Hadir juga Kepala Badan Kesbangpol, Yus Djunaedi Rusli S.STP, M.Si sebagai Pemateri terakhir. Dalam pemaparan, Yus memberikan pemaparan betapa pentingnya Digitalisasi Layanan bagi Ketahanan Bangsa. Hal ini berkaitan dengan membangun data kependudukan tunggal atau Satu Data. Dalam Satu Data, terdapat informasi seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi Sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan. Sehingga informasi tersebut ini menjadi tolak ukur Ketahanan Bangsa. 

Dihari kedua, pagi hari untuk menjaga kebugaran tubuh, semua peserta Jambore IT dan Panitia melaksanakan Jogging track pada sekitaran Pal 16 Cikole dengan dilanjutkan dengan fun game. Fun game ini melatih konsentrasi peserta agar mengerti dan memahami intruksi yang diberikan. Kegiatan terakhir yang dilaksanakan adalah permainan Paint Ball, yang menuntut kerjasama, kesabaran dan ketahanan fisik untuk memenangkan permainan ini. ( Humas Setwan