Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta Diminta Mengecek Adakah Mahasiswa Kita di Cina

Selasa, 04 Februari 2020 07:13
Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta Diminta Mengecek Adakah Mahasiswa Kita di Cina

Humas DPRD Purwakarta –  Sekitar akhir Desember atau awal Januari lalu penduduk dunia tiba-tiba dikejutkan oleh mewabahnya virus Corona yang telah merenggut ribuan jiwa warga Wuhan. China.  Akibatnya, banyak negara berlomba-lomba untuk segera mengevakuasi warganya dari daratan Tiongkok.  Di samping itu banyak pula yang untuk sementara melarang warganya bepergian ke negara Tirai bambu itu.

 

Kekhawatiran yang sama juga dirasakan Pimpinan DPRD Purwakarta, khususnya Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PKB Hj. Neng Supartini, S.Ag. Ia khawatir ada mahasiswa atau TKW Purwakarta, yang kini sedang berada di sana. Karena itu, ia meminta Bupati Purwakarta melalui dinas terkait, yakni Dinas Pendidikan dan Disnakertrans, untuk terus mencari data dan informasi terkait hal tersebut.  

 

“Jika memang ada mahasiswa kita atau TKW asal Purwakarta di China,  Bupati hendaknya segera mengupayakan untuk segera mengeluarkan mereka dari daerah yang sedang terserang wabah virus Corona tersebut,”ujarnya, Rabu ( 29/01/2020).

 

Sebagaimana diketahui, virus Corona yang berasal dari hewan atau coronavirus yang menyebar dari Wuhan, China ini, tergolong jenis baru yang belum ditemukan sebelumnya. Banyaknya korban, membuat penduduk dunia merasa cemas dan khawatir terdampak virus mematikan ini.

 

“Kepala Dinas jangan sampai lalai, karena bila benar-benar ada, Bupati secepatnya harus mengupayakan kepulangan mereka, ”ujar Neng. 

 

Seperti dikutip dari PR Online, Pemkab Purwakarta mengklaim belum menemukan penderita (suspek) penyakit yang disebabkan virus Corona tersebut. Sebagaimana dikatakan Kepala Disnakertrans Titov Firman, di Purwakarta saat ini ada sekitar 236 TKA asal China yang sedang bekerja di proyek pembangunan kereta cepat. Mereka berasal dari beberapa daerah di China, di antaranya dari Sichuan, Anhui, Shandong, Xianglong dan Yangsi.

 

“Sampai saat ini belum ada kondisi yang mengkhawatirkan di Purwakarta,”Ujarnya. (Humas DPRD)