Pemandangan Umum Fraksi Terhadap Pengantar RAPBD Tahun 2021

Kamis, 26 November 2020 17:34
Pemandangan Umum Fraksi Terhadap  Pengantar RAPBD Tahun 2021

Purwakarta – Kendati semua Fraksi DPRD menyampaikan saran dan kritik  dalam pemandangan umumnya, tetapi secara umum menyetujui agar RAPBD Tahun 2021 yang disampaikan oleh Bupati Purwakarta Hj. Anne Ratna Mustika, untuk dibahas dalam tahap-tahap berikutnya sebagaimana mekanisme yang berlaku.

Sejumlah Fraksi juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati dan anggota Banggar DPRD, yang dalam waktu relatif singkat berhasil menyusun RAPBD Tahun 2001. Beberapa juga mengharapkan Bupati mampu menggali potensi-potensi lain guna meningkatkan PAD.

Hal itu terungkap dalam rapat paripurna DPRD Pembicaraan Tingkat I Pembahasan Raperda tentang RAPBD Purwakarta Tahun 2021, yang dipimpin oleh Ketu DPRD H. Ahmad Sanusi, Rabu (25/11/20) siang.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua Sri Puji Utami, Hj. Neng Supartini, S.Ag, Warseno, SE, Sekretaris DPRD Drs. H. Suhandi, M.Si dan para pejabat di lingkungan Setwan. Sementara, Bupati Hj.Anne Ratna Mustika dan Wakil Bupati H. Aming, didampingi Sekda dan jajarannya mengikuti melalui Video Conference (Vicon).  Jalannya rapat paripurna tersebut, juga diikuti para pejabat eseleon II, III dan IV dari kantor masing-masing.

Adapun juru bicara masing-masing Fraksi adalah Fraksi Golkar Dias Rukmana Praja, SE, Fraksi Gerindra Zusyef Gusnawan, SE, Fraksi PKB Ceceng Abdul Qodir, S.Pd.I, Fraksi PDIP Lina Yuliani, Fraksi PKS Dedi Sutardi, Fraksi Berani (Gabungan Partai Berkarya, PAN dan Hanura) Mahsun Junaedi, dan Fraksi DPN (Gabungan Partai Demokrat, PPP, Nasdem) Conrad Surawijaya.

Dalam kesempatan itu, semua juru bicara Fraksi menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya Ketua Komisi III dari Fraksi Golkar ke rahmatullah, Drs. Akun Kurniadi, MM. Menurut mereka, almarhum dikenal sebagai sosok rekan sejawat, kakak, dan orang tua yang disenangi semua orang. Semua mendoakan, semoga almarhum menjadi ahli surga.

Ahmad Sanusi pada akhir rapat berharap, Bupati dapat menyampaikan jawaban atas pemandangan umum Fraks-Fraksi dalam rapat paripurna berikutnya.

Dalam jawaban yang disampaikan dalam rapat paripurna berikutnya, yang dipimpin oleh Ketua DPRD H. Ahmad Sanusi, Bupati menyampaikan terima kasih kepada beberapa fraksi yang memberikan apresiasi kepadanya.

Pada intinya, kata Bupati, pihaknya mendengar semua saran dan kritik yang disampaikan, karena semua itu demi kemajuan Purwakarta lebih istimewa.  Ia berjanji, pemerintah daerah akan terus berupaya menggali berbagai potensi yang ada, guna meningkatkan pendapatan, baik asli maupun pendapatan transfer.  

Ia menyatakan, pengelolaan keuangan akan dilakukan seefektif dan seefisein mungkin, yang utama diprioritaskan untuk peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. Pihaknya berjanji akan meningkatkan penggunaan teknologi, khususnya akan semakin banyak menempatkan Tapping Boks, untuk memudahkan wajib pajak. Selain itu, Bupati juga akan menggali berbagai potensi lain di luar pajak.

Sebelum menutup rapat, Ahmad Sanusi menyampaikan terima kasih kepada Diskominfo dan Sekretariat DPRD, yang telah memfasilitasi penyelenggaraan rapat melalui Vicon, sehingga bisa diselenggarakan dengan baik.

“Kami berterima kasih kepada Diskominfo dan Sekretariat DPRD yang telah memfasilitasi, sehingga rapat paripurna melalui Vicon ini dapat terselenggara dengan baik,” ujarnya. (Humas DPRD)