Komisi III DPRD Minta Pemkab Purwakarta Segera Tangani Warga Korban Tanah Longsor Desa Panyindangan

Selasa, 18 April 2023 16:43
Komisi III DPRD Minta Pemkab Purwakarta Segera Tangani Warga Korban Tanah Longsor Desa Panyindangan

PURWAKARTA - Ketua Komisi III DPRD Purwakarta, meminta pemerintah daerah untuk segera menetapkan status tanggap darurat dan rawan bencana bagi warga Desa Panyindangan Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat yang sudah berulang kali dilanda musibah longsor dan banjir.

"Tolong sampaikan ke Bupati atau pak Sekda agar penanganan warga Desa Penyindangan jangan ditunda. Tidak perlu terhalang karena mau lebaran. Sebab, bencana tidak bisa ditentukan terjadinya dimusim hujan ini. Jangan sampai menunggu ada korban jiwa baru ditindaklanjuti. Nanti dianggap pemerintah tidak hadir. Tolong pak Asda - ditujukan kepada Asisten Setda Bidang Ekbang dr. H. Agung Darwais - sampaikan ke pak Sekda agar segera penanganan dan penetapan tanggap darurat dan daerah rawan bencana,"tegas Ketua Komisi III DPRD Purwakarta, Hidayat, S.Th.I. pada Rapat Kerja dalam rangka Pemerintahan bidang pembangunan mengenai Bencana Alam Longsor di Desa Panyindangan, Selasa (18/4/2023) diruang Gabkom Lantai II Gedung DPRD Purwakarta, Jl. Ir. H. Juanda No.11, Ciganea, Jatiluhur.

Apalagi, tambah Hidayat, sekarang ada 10 keluarga yang sudah tidak bisa lagi menempati rumahnya karena rusak parah akibat bencana longsor yang terjadi pada hari Minggu (9/4/2023) dan 37 Kepala Keluarga terdampak longsor yang harus segara ditangani. Sebab, daerah yang kini ditempati warga sudah tidak memungkinkan untuk di diami mengingat rawan longsong dan banjir akibat limpahan arus air dari sungai terdekat.

Tampak hadir, selain ketua Komisi III DPRD Purwakarta, Hidayat dari Fraksi PKB, hadir pula Wakil Ketua Komisi III DPRD Asep Abdulloh (F. Berani), Sekretaris Komisi III Rifky Fauzi (F. Gerindra) dan H Asep Nuryani (F. PKS).

Sementara dari Pemkab Purwakarta hadir Asda II Bidang Perokonomian dan Pembangunan dr.H. Agung Darwis Suriaatmadja, Kadis PUTR Ryan Oktavia, Kepala BPBD Juddy Herdiana Suhendar, Camat Suktani, perangkat Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, sejumlah warga Desa Panyindangan dan Karang Taruna desa setempat. (Humas Setwan)