Pembina Upacara : Pahami Siklus Akuntansi pada Siklus APBD

Senin, 25 September 2023 09:35
Pembina Upacara : Pahami Siklus Akuntansi pada Siklus APBD

Purwakarta - Pegawai Sekretariat DPRD ASN, Non ASN dan Siswa PKL kembali melakukan kegiatan rutin Apel Senin Pagi di halaman Gedung Sekretariat DPRD, Jl. Ir. Djuanda , Ciganea, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta (25/09/2023).

Upacara Apel Pagi ini dipimpin oleh Kabag Program dan Keuangan Sekretariat DPRD Purwakarta, H. Alfatah, SE., MM dengan Pemimpin Apel pagi oleh Hartono Dwiantoro.

"Mengawali Apel Pagi ini, mari kita panjatkan Puji dan Syukur kehadirat Allah SWT. Alhamdulillah Pegawai ASN, Non ASN dan Siswa PKL dapat kembali mengikuti Apel Pagi dalam keadaan sehat wal'afiat." Ucap Pembina Upacara. 

Pembina upacara memberikan arahan dan sharing mengenai KUA (Kebijakan Umum Anggaran), mengenai kesepakatan belanja dan pendapatan. Sedangkan PPAS (Prioritas Plafon Anggaran Sementara) mengenai kesepakatan Plafon Anggaran tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) . Hal ini merupakan dokumen penting dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Anggaran (APBD) yang disepakati oleh Eksekutif dan Legislatif. 

Pada akhir Apel, pembina mengingatkan 5 siklus akuntansi pada siklus APBD adalah Perencanaan, Penganggaran, Pelaksanaan, Pengawasan dan Pertanggungjawaban. (Humas Setwan)