Paripurna DPRD Hari Jadi Purwakarta Ke-189 dan Kabupaten Purwakarta Ke-52

Senin, 24 Agustus 2020 11:29
Paripurna DPRD  Hari Jadi  Purwakarta Ke-189 dan Kabupaten Purwakarta Ke-52


 

Purwakarta – Ketua DPRD Purwakarta H. Ahmad Sanusi, didampingi Wakil Ketua Sri Puji Utami, Hj. Neng Supartini, dan Warseno, SE, secara resmi membuka rapat paripurna secara virtual melalui Video Conference (Vicon), tentang Hari Jadi Purwakarta ke – 189 dan Kabupaten Purwakarta ke-52, Senin (20/7/2020).

 

Hadir dalam acara istimewa tersebut Bupati Purwakarta Hj. Anne Ratna Mustika, Wakil Bupati H. Aming, Sekda Drs. H Iyus Permana MM, unsur Forkopimda, Drs. H. Iyus Permana, MM, para anggota DPRD, Sekretaris DPRD Drs. H. Suhandi M. Si dan para pejabat Setwan lainnya, para Kepala OPD, dan sejunlah tamu undangan lainnya. Di samping itu, jalannya acara tersebut diikuti melalui  Vicon oleh Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Purwakarta, dari kantor masing-masing.

 

 

Pimpinan dan anggota DPRD mengenakan pakaian tradisional khas Sunda. Anggota DPRD pria mengenakan jas putih dan putri mengenakan kebaya merah, sebagai perwujudan semangat persatuan yang senantiasa tertanam dalam dada. Sementara, para tamu hadirin juga mengenakan pakaian tradisional Sunda.

 

 

Nuansa kasundaan terasa sangat kental mewarnai jalannya rapat, karena menggunakan bahasa daerah (Sunda). Di tengah-tengah jalannya rapat, juga dibacakan “Babad Purwakarta” dalam bahasa daerah oleh Ayi Kurnia, seorang seniman Sunda yang bersuara khas. Iringan musik khas Sunda, membuat bulu kuduk terasa meremang.

 

 

Protokol kesehatan sangat diperhatikan dalam acara ini. Sehari sebelumnya telah dilakukan penyemprotan disinfektan oleh pengurus PMI Purwakarta, untuk membersihkan seluruh ruangan dari virus corona. Selain itu, jumlah undangan pun sangat dibatasi, dan setiap tamu harus melalui pemeriksaan suhu dan mencuci tangan dengan handsanitizer. Maklum, Bupati Purwakarta selalu mengingatkan, bahwa virus corona masih ada di tengah-tengah kita.

 

 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD H.Ahmad Sanusi juga mengucapkan selamat atas peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-60 tanggal 22 Juli mendatang dan Hari Bhayangkara ke-74 pada 1 Juli lalu.

 

 

“ Semoga dalam pelaksanaan tugasnya, selalu berada dalam lindungan Allah SWT, “ harapnya.

 

 

Dalam  rapat tersebut, Ahmad Sanusi, mengingatkan bahwa pandemi covid-19 masih menjadi persoalan global, yang sangat merugikan tatanan elemen pendukung kehidupan, baik itu bidang pembangunan, pendidikan, ekonomi, dan kesehatan umat manusia.

 

 

“Oleh sebab itu, sebagian harus mengikuti rapat paripurna DPRD Purwakarta ini melalui Vicon. Walau begitu, kita tetap bersyukur, masih bisa melaksanakan peingatan Hari Jadi Purwakarta ke-189 dan Kabupaten Purwakarta ke-52,” ujarnya, seraya mengingatkan, bahwa kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan, bersabar, bertawakal, dan berdoa agar pandemi covid-19 ini segera berlalu.

 

 

 

Dijelaskan Ahmad Sanusi, pelaksanaan peringatan Hari Jadi Purwakarta ke-189 sesuai Perda No.2 / 2006, yang merujuk dari fakta sejarah Besluit No. 2 Tanggal 20 Juli 1831. Sedangkan Hari Jadi Kabupaten Purwakarta ke-52 berdasar pada UU No. 4 / 1968 tentang pembentukan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang, dengan merubah UU No. 14 / 1950 tentang pembentukan daerah-daerah kabupaten dalam lingkungan Provinsi Jawa Barat.

 

 

Ahmad Sanusi berharap, semua masyarakat sekarang menjadi kekuatan yang kokoh dan konsisten, untuk meningkatkan pembangunan sesuai “ Riksa Raga Riksa Rasa Purwakarta Istimewa”, yang menjadi tema Hari Jadi Purwakarta.

 

 

“ Tema ini merupakan doa bagi kita semua untuk mempertajam kreativitas, rasa cinta kita kepada perintis pembangunan, untuk mewujudkan Purwakarta istimewa,” tegasnya.

 

 

Dalam kesempatan itu, Ahmad Sanusi menucapkan selamat atas beberapa penghargaan yang diterima Pemkab Purwakarta, antara lain: penghargaan atas  profesionalitas ASN dalam pelayanan publik, penghargaan Menteri Keuangan berkaitan penyiapan laporan keuangan sehingga mendapatkan predikat WTP dari BPK, penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi berkaitan Hasil Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, penghargaan kepemimpinan dalam tata kelola pemerintahan.

 

 

Apresiasi lainnya, lanjut Ahmad Sanusi, antara lain penghargaan “Regional Enterpreneur Awards 2019” dari Markplus.Inc, penghargaan Natamukti Tahun 2019sebagai Kepala Daerah yang memajukan UMKM di daerahnya dari Menteri UMKM, penghargaan “ Anugerah Jejaring Kabupaten Puasat Kreatif Jawa Barat” dari Gubernur Jawa Barat, dan penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Azasi Manusia Tahun 2019 dari Kementerian Hukum dan HAM.

 

 

Ahmad Sanusi menambahkan, Tahun 2020 pemerintah daerah berhasil  meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui optimalisasi pelayanan publik, di antaranya: meningkatkan kualitas akses pemerataan di bidang pendidikan dan kesehatan, menyempurnakan sarana dan prasarana infrastruktur, meningkatkan kualitas ketersediaan air bersih dan sanitasi lingkungan, optimalisasi pembangunan sektor ekonomi dalam rangka mengurangi kemiskinan, meningkatkan lajun pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan profesionalisme ASN dalam pelayanan publik.

 

Selanjutnya ia menegaskan, sepanjang Tahun 2019 DPRD bersama Pemerintah Kabupaten Purwakarta telah menghasilkan, 16 Peraturan, 28 Keputusan DPRD, 8 Keputusan Pimpinan, 12 Keputusan Bersana. Sedangkan sejak Januari hingga Juli pada Tahun 2020, telah berhasil menetapkan 11 Keputusan DPRD dan 5 Keputusan Pimpinan.  (Humas DPRD).