Banggar DPRD Mengawali Rapat dengan TAPD Membahas LHP BPK atas Laporan Keuangan Pemda Purwakarta TA 2023

Kamis, 06 Juni 2024 15:59
Banggar DPRD Mengawali Rapat dengan TAPD Membahas LHP BPK atas Laporan Keuangan Pemda Purwakarta TA 2023

PURWAKARTA - Bertempat di ruang Gabungan lantai II gedung DPRD Kabupaten Purwakarta, Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mengadakan rapat dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkab Purwakarta dalam rangka Pembahasan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta Tahun Anggaran 2023, Selasa 4 Juni 2024.

Rapat Banggar DPRD dengan TAPD Pemkab Purwakarta dipimpin langsung oleh ketua Banggar yang juga menjabat Ketua DPRD Kabupaten Purwakarta, H. Ahmad Sanusi, SM (F.Golkar) dihadiri anggota Banggar H. Dedi Juhari (F. PKS), Zusyef Gusnawan, SE. (F. Gerindra), Said Ali Azmi (F. Gerindra), Yulian Irsyafri, SE (F. Golkar) dan Ir. H. Moch. Arief Kurniawan, MM (F.PKS)

Dari TAPD yang hadir, Plh. Sekda dr. H. Agung Darwis Suriaatmadja, M.Kes., Plt. Inspektur Rahmat Heriansyah, M.Si., Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) R. Muchamad Nurcahya, MM., Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitibangda)  Hj. Nina Herlina, S.Sos., Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DR. Aep Durohman, M.Pd., Kabag Hukum Setda Suntama SH. MH., Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Pemkab Purwakarta, Rudi Hermawan Kusumah, ST., para Irban Inspektorat, para pejabat eselon III (setingkat sekretaris dan Kabid) pada sejumlah Perangkat Daerah di Pemkab Purwakarta.

"Pada hari ini kita mengadakan rapat Badan Anggaran membahas Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHP BPK). Sebelumnya saya ingin menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta yang dipimpin oleh Pj. Bupati pak Benni. Alhamdulillah kita mendapatkan WTP yang ke-9 kalinya,"demikian disampaikan ketua Banggar DPRD Purwakarta, H. Ahmad Sanusi pada pembukaan rapat Badan Anggaran dalam rangka Pembahasan LHP BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta Tahun Anggaran 2023..

Ketua Banggar mengaku merasa cemas sebelum menerima informasi hasil LHP BPK, "Sebenarnya, kemarin saya sedikit cemas karena masa transisi pergantian dari pejabat definitif ke penjabat Pj. dengan adanya persoalan persoalan. Selanjutnya saya minta kepada Tim TAPD untuk melaporkan daripada hasil temuan BPK. Walaupun kita sudah mendapatkan WTP mungkin tidak terlepas ada beberapa temuan yang harus kita tindak lanjuti. Dengan harapan kedepannya semoga bisa meningkatkan lagi daripada kinerja kita. Saya sebagai Ketua DPRD mengapresiasi atas capaian WTP-nya,"demikian disampaikan ketua Banggar DPRD Purwakarta, H. Ahmad Sanusi pada pembukaan rapat Badan Anggaran DPRD dalam rangka Pembahasan LHP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta Tahun Anggaran 2023.

"Silahkan kepada tim TAPD untuk menyampaikan laporannya hasil temuan dari LHP BPK. Kami persilahkan,"ujar ketua Banggar DPRD Ahmad Sanusi.

"Terimakasih kepada ketua Banggar dan anggota Banggar atas kesempatan yang diberikan kepada saya. Sesuai surat yang saya terima, kami akan memaparkan tentang hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah Purwakarta Tahun Anggaran 2023. Nanti pada pemaparan itu tentu saja ada temuan pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK RI. Kemudian ada rekomendasi, nanti akan disampaikan oleh teman teman dari inspektorat dan Perangkat Daerah lainnya. Kami akan memberikan laporan pendukung sebagai jawaban kepada BPK RI,"kata Plh. Sekda dr. H. Agung Darwis Suriaatmadja.

Selanjutnya laporan disampaikan oleh Plt. Inspektur Rahmat Heriansyah, M.Si dan Kepala BKAD, R. Muchamad Nurcahya, MM. Setelah Plh. Sekda dan Plt. Inspektur selesai menyampaikan laporannya dilanjutkan dengan pertanyaan pertanyaan dan masukan serta saran dari anggota Banggar yang hadir hari itu. 

"Terimakasih atas kehadiran bapak dan ibu dari OPD dan juga rekan rekan dari Banggar DPRD. Rapat akan kita jadwalkan untuk lanjutannya,"kata pimpinan rapat menutup kegiatan rapat Banggar dalam rangka Pembahasan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta Tahun Anggaran 2023. Rapat Banggar berakhir pukul 16.25 Wib. (Humas Setwan)